Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Kurangi Gesekan Jupiter-Z

2378rocker-arm-aong1.jpgUntuk meningkatkan tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar bisa ditempuh dengan cara mengurangi gesekan. Friction paling besar selain dari piston dengan liner juga dari gesekan mekanisme
klep.

Untuk mengurangi gesekan mekanisme katup akibat pegas klep, paling gampang meniru dari bebek Honda. Mulai dari Honda Karisma, Supra X 125 dan Blade 110R serta skubek BeAT sudah menggunakan rocker arm sistem roller.2379rocker-arm-aong2.jpg

Sistem roller mampu mengurangi gesekan antara pelatuk dengan kem. “Ini yang membuat bebek Honda keluaran baru irit bensin namun bertenaga,” jelas Bobeng alias Sugiono, mekanik BRT (Bintang
Racing Team).

Bobeng coba terapkan sistem roller di Yamaha Jupiter-Z yang pelatuknya masih konvensional. “Paling mudah dipasang di Jupiter-Z kepunyaan Honda Blade 110,” jelas mekanik asli Purwokerto itu.

Namun dalam memasang pelatuk Blade ke Jupie-Z harus ada penyesuaian. Pertama, ruang dudukan pelatuk di kepala silinder harus diperlebar dengan cara dipapas. Posisi klep in sebelah kanan yang dipapas. Sedang yang ex sebelah kiri.

2380rocker-arm-aong3.jpgBobeng tidak merinci lebar pemapasan. Pokoknya disesuaikan saja, sekitar 5 mm. Begitupun tebal bushing yang dipakai sebagai penganjal, disesuiakan. Bobeng belum mengukur pastinya. Maklum mesin yang dibikin masih prototipe.

Untuk sementara, Bobeng padukan dengan kem Honda Karisma bekas tim BRT. Padahal bagusnya pake dari Jupiter-Z lagi. Meski begitu hasilnya memuaskan. Jupiter-Z korekan Bobeng digeber Bobby Alfiantara pembalap tim BRT Indoparts KBC di Yamaha Cup Race seri I Jogja beberapa waktu lalu.

Pada race 2 MP1 (110 cc), Bobby masuk best lap ke-3 setelah Hokky Krisdianto dan Florianus Roy. Meski pada akhir finishnya hanya naik podium 5, tapi cukup memuaskan. Maklum yang di depan rata-rata pembalap seeded papan atas.

Penulis/Foto : Aong


Otomotif

  1. Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
  2. Balancing Roda Rata dan Imbang
  3. Dampak Pindah Gigi Kasar


  4. Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
  5.  
  6. Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
  7. Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
  8. Karet Vakum Tentukan Akselerasi
  9. Kenali Ciri Asli Genuine Part
  10. Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
  11.   
  12. Lampu Meredup
  13. Merawat mesin kendaraan bermotor
  14. Obeng Digital
  15. Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
  16.  
  17. Pastikan Watt
  18. Perawatan Mika Lampu
  19. Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
  20.  
  21. Rahasia Bahan Bakar Air
  22. Rekayasa Bos Klep
  23.  
  24. Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
  25. Subtitusi Filter Oli Yamaha
  26. ,  
  27. Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
  28. Tips merawat dan memperindah cat motor kita
  29. Tips Merawat Velg
  30. Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
  31.  
  32. Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc
   Comment

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010