
Untuk meningkatkan tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar bisa ditempuh dengan cara mengurangi gesekan. Friction paling besar selain dari piston dengan liner juga dari gesekan mekanisme
klep.
Untuk mengurangi gesekan mekanisme katup akibat pegas klep, paling gampang meniru dari bebek Honda. Mulai dari Honda Karisma, Supra X 125 dan Blade 110R serta skubek BeAT sudah menggunakan rocker arm sistem roller.
Sistem roller mampu mengurangi gesekan antara pelatuk dengan kem. “Ini yang membuat bebek Honda keluaran baru irit bensin namun bertenaga,” jelas Bobeng alias Sugiono, mekanik BRT (Bintang
Racing Team).
Bobeng coba terapkan sistem roller di Yamaha Jupiter-Z yang pelatuknya masih konvensional. “Paling mudah dipasang di Jupiter-Z kepunyaan Honda Blade 110,” jelas mekanik asli Purwokerto itu.
Namun dalam memasang pelatuk Blade ke Jupie-Z harus ada penyesuaian. Pertama, ruang dudukan pelatuk di kepala silinder harus diperlebar dengan cara dipapas. Posisi klep in sebelah kanan yang dipapas. Sedang yang ex sebelah kiri.

Bobeng tidak merinci lebar pemapasan. Pokoknya disesuaikan saja, sekitar 5 mm. Begitupun tebal bushing yang dipakai sebagai penganjal, disesuiakan. Bobeng belum mengukur pastinya. Maklum mesin yang dibikin masih prototipe.
Untuk sementara, Bobeng padukan dengan kem Honda Karisma bekas tim BRT. Padahal bagusnya pake dari Jupiter-Z lagi. Meski begitu hasilnya memuaskan. Jupiter-Z korekan Bobeng digeber Bobby Alfiantara pembalap tim BRT Indoparts KBC di Yamaha Cup Race seri I Jogja beberapa waktu lalu.
Pada race 2 MP1 (110 cc), Bobby masuk best lap ke-3 setelah Hokky Krisdianto dan Florianus Roy. Meski pada akhir finishnya hanya naik podium 5, tapi cukup memuaskan. Maklum yang di depan rata-rata pembalap seeded papan atas.
Penulis/Foto : Aong
- Atasi Drat Baut Dol
- Atasi Knalpot Slip On Bocor
- Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
- Balancing Roda Rata dan Imbang
- Bore-Up Jupiter MX Dengan Blok Vixion
- Busi Cepat Mati
- Dampak Pindah Gigi Kasar
- DUCATI DESMO VALVE SYSTEM
- Fastest Cars In the World
- Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
- Jurus Mudah Bongkar Motor Di Rumah
- Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
- Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
- Karet Vakum Tentukan Akselerasi
- Kenali Ciri Asli Genuine Part
- Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
- Kurangi Gesekan Jupiter-Z
- klep desmodromic ama pneumatic
- Lampu Meredup
- Merawat mesin kendaraan bermotor
- Obeng Digital
- Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
- Pasang Footstep Underbone Switch Remnya Dipakai Dong
- Pastikan Watt
- Perawatan Mika Lampu
- Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
- Pneumatic Valve saingannya Desmodromic
- Rahasia Bahan Bakar Air
- Rekayasa Bos Klep
- Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot
- Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
- Subtitusi Filter Oli Yamaha
- Mazda Rotary's Revolutionary Engine, The Renesis
- Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Tips merawat dan memperindah cat motor kita
- Tips Merawat Velg
- Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
- Upgrade Kawasaki Athlete
- Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...
"U Comment I Follow"