Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Belajar Batch Script 3

1. Pada file yang telah kita buat dalam Perintah Batch file yang lalu coba anda tambahkan perintah "dir > iseng.txt" tepat diatas perintah "pause". Perintah ini berfungsi untuk membuat sebuah file baru bernama "iseng.txt" dan kemudian mengisinya dengan hasil dari perintah "dir" pada folder yang aktif saat itu sehingga script pada batch file anda akan menjadi seperti ini.

Echo off

cls

Echo hello saya aalil....

Dir > iseng.txt

Pause

2. Anda simpan hasil tersebut dengan nama yang sama dan coba anda jalankan.

3. Coba anda perhatikan pada jendela Command Prompt yang muncul. Tidak akan terlihat adanya efek yang berpengaruh dengan ditambahkan nya perintah "dir > iseng.txt". Di jendela Command Prompt memang tidak akan terlihat efek yangterjadi, tapi coba anda buka Windows Explorer kemudian anda perhatikan di folder tempat anda menyimpan file Coba1.bat disimpan.

Pada folder tersebut akan muncul sebuah file bernama "iseng.txt". Anda klik pada file tersebut untuk melihat isi nya. Jika dilihat isi file tersebut adalah daftar nama file dan folder serta informasi lain seputar direktori anda.

4. Selain anda menggunakan perintah "dir" sekarang cobalah menambahkan perintah "copy" untuk menyalin file "iseng.txt" ke Drive C.

5. Anda hapus file "iseng.txt" pada folder yang pertama. Setelah melakukan kedua perintah tersebut maka listing program yang anda buat akan tampak seperti ini.

Echo off

cls

Echo hello saya aalil....

Dir > iseng.txt

Copy iseng.txt C:\

Del iseng.txt

Pause

6. Anda simpan perubahan tersebut dengan nama yang sama dan anda coba jalankan.

7. Pada jendela Command Prompt yang muncul akan terlihat penjelasan "1 file(s) copied". Penjelasan tersebut menandakan bahwa telah dilakukan nya penyalinan sebanyak 1 file. Kemudian anda periksa pada drive C anda apakah ada file hasil salinan dari "iseng.txt" dan anda lakukan juga pengechekan pada folder penyimpanan pertama file Coba1.bat anda. Apabila berhasil akan tampak file "iseng.txt" pada drive C dan akan hilang file "iseng.txt" pada folder penyimpanan pertama anda.

Nah dengan beberapa perintah batch tersebut anda dapat membuat sebuah virus batch file kecil-kecilan, ya seperti memindahkan file tanpa diketahui. Jika belum berhasil coba anda check ulang kembali isi file Coba1.bat dan ikuti langkah-langkah mulai dari atas.

Semoga Tutorial Batch File Perintah Internal ini berguna.
                                                                                                                                     <<prev   next>>


0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010