Sepanjang musim tersebut, disarankan perawatan detail dilakukan sekurangnya sepekan sekali. Sekedar mencuci velg dengan menggunakan shampo mobil kadang tak banyak membantu. Karena, memang air hujan -- apalagi setelah tercampur limbah berlumpur -- sering meninggalkan flek yang cukup mengganggu.
Kebanyakan velg aluminium memang diproduksi dengan pelapis (coated) tahan karat. Tetapi, upaya membersihkan velg aluminium dengan sembarang cairan pembersih, bisa pula berakibat fatal bila salah pilih jenis senyawa kimianya. Berikut saran yang perlu diperhatikan saat Anda membersihkan, merawat, dan memilih bahan pembersih velg, supaya 'kaki-kaki' tersebut tetap utuh dan kinclong.
- Bersihkan velg dengan menyemprotkan air bertekanan dan bilas kemudian setelah menyabunnya pada seluruh permukaan. Gunakan sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian pinggir dan lekukan velg. Setelah mengeringkan dengan kain lap halus, velg yang utuh perlu dipoles untuk mengembalikan kilaunya.
- Jangan mudah memutuskan untuk menggosok velg dengan bahan kimia yang memiliki daya abrasif tinggi (antara lain seperti senyawa chrome polish, rubbing compound, ordinary wax yang memang dibuat untuk mengkilapkan cat bodi). Bila itu dilakukan, velg aluminium justru tak bakal kinclong, walaupun beberapa flek bisa segera hilang dengan hanya beberapa kali usap.
- Bila velgI telah kehilangan lapisan antikarat, Anda boleh membersihkan permukaan velg dengan senyawa kimia seperti kompon atau mag wheel polish. Setelah bersih, idealnya velg jenis ini Anda lapisi dengan cat baru setelah sebelumnya diampelas rata pada seluruh permukaannya. Ini akan membantu menahan serangan korosi yang semakin meningkat di musim hujan.
- Sementara terhadap velg yang tak dilapisi bahan anti karat, disarankan untuk segera menutupinya dengan cat baru lengkap dengan lapisan vernisnya. Ini penting karena tingkat korositas akibat serangan garam dan kelembaban jalanan akan semakin tinggi di musin hujan seperti sekarang.
- Bersihkan pula sisi dalam velg karena bagian ini sering luput dari pandangan sekilas mata. Endapan kotoran di bagian ini -- khususnya akibat proses kerja rangkaian rem -- biasanya lebih bersifat korosif. Kotoran yang menempel di sisi ini biasanya juga lebih sukar dibersihkan karena velg aluminium lebih rentan terhadap serangan 'remah-remah' logam lain.
- Sisi dalam velg lebih baik dilapisi cat antikarat supaya kerusakan yang bisa saja tak mudah terpantau dapat segera dihindari.
Otomotif
- Atasi Drat Baut Dol
- Atasi Knalpot Slip On Bocor
- Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
- Balancing Roda Rata dan Imbang
- Bore-Up Jupiter MX Dengan Blok Vixion
- Busi Cepat Mati
- Dampak Pindah Gigi Kasar
- DUCATI DESMO VALVE SYSTEM
- Fastest Cars In the World
- Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
- Jurus Mudah Bongkar Motor Di Rumah
- Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
- Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
- Karet Vakum Tentukan Akselerasi
- Kenali Ciri Asli Genuine Part
- Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
- Kurangi Gesekan Jupiter-Z
- klep desmodromic ama pneumatic
- Lampu Meredup
- Merawat mesin kendaraan bermotor
- Obeng Digital
- Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
- Pasang Footstep Underbone Switch Remnya Dipakai Dong
- Pastikan Watt
- Perawatan Mika Lampu
- Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
- Pneumatic Valve saingannya Desmodromic
- Rahasia Bahan Bakar Air
- Rekayasa Bos Klep
- Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot
- Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
- Subtitusi Filter Oli Yamaha
- Mazda Rotary's Revolutionary Engine, The Renesis
- Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Tips merawat dan memperindah cat motor kita
- Tips Merawat Velg
- Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
- Upgrade Kawasaki Athlete
- Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...
"U Comment I Follow"