Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Belajar Batch Script 2

Batch File Programing merupakan perintah dasar yang ada pada sistem operasi Windows, dan tentunya ada sebagian dari anda semua sudah faham akan beberapa perintah dasar Batch file yang ada di komputer. Dengan mempelajari beberapa perintah batch pada komputer, nantinya anda akan bisa membuat sebuah program penolong ataupun program penghancur(red=Virus)yang tidak kalah keren dengan VBscript.
Saya disini mencoba belajar membuat batch file menggunakan perintah dasar "echo", tahu kan kan cara bikinnya bagaimana? Sekarang coba buka notepad nya semua, saya sarankan anda memakai Notepad++ agar lebih keren gitu dan lebih kumplit lagi sintaks nya. Sudah kan? Pertama coba anda ketikkan perintah seperti ini :
Echo belajar dan berbagi...
Perintah Echo ini berfungsi untuk menampilkan pesan, komentar atau keterangan dan lain-lain yang diberikan oleh user ketika berada dalam kondisi tertentu.
Yang kedua, anda simpan perintah tadi yang sudah diketik dengan nama Coba1.bat.
Ketiga, coba anda jalankan file Coba1.bat... jreng...jreng ada hasilnya kan??
Pasti ada dong, jendela command prompt muncul sebentar terus hilang lagi deh ya kan??
Bingung tidak bisa melihat apa isi dari command prompt tadi, nah saya akan sedikit berbagi tips nya agar jendela command prompt tadi tidak tertutup dengan cepat, caranya..
Edit file Coba1.bat yang tadi, tambahkan kata "Pause" dibawah tulisan "echo" seperti ini :
Echo belajar dan berbagi...
Pause
Sudah belum? kalau sudah anda simpan lagi perintah batch file tersebut dengan nama yang sama dan coba jalankan.
Terulang lagi seperti yang tadi? Tapi ada sedikit perbedaan pasti, jendela command prompt tidak langsung hilang, coba sekarang anda tekan sembarang tombol hilang deh.hehehhe.menari
Sekarang dapat kita ketahui bahwa perintah Pause di batch file tadi berfungsi untuk menghentikan proses sementara waktu, dan akan berjalan kembali setelah ada perintah masukan(Penekanan Tombol).
Lanjut, sekarang kita buat agar tampilan command prompt nya lebih berbeda, coba anda tambahkan perintah "Echo Off" tanpa tanda kutip loh seperti ini :
Echo off
Echo belajar dan berbagi...
Pause
Perlu anda ingat, tulis di file Coba1.bat yang tadi. anda simpan file Coba1.bat yang telah di edit dan jalankan.... Nah kan tampilan nya berubah lebih enak dilihat. Sekarang kita belajar membuat batch programing lebih rapih lagi, hanya dengan menambahkan perintah "CLS" pada file Coba1.bat seperti ini contohnya..
Echo off
cls
Echo belajar dan berbagi...
Pause
Coba anda save dan jalankan deh, berbeda kan tampilan command prompt
nya.tepuktangan
Siip sampai disini dulu belajar batch file programing nya yang super dasar, semoga saja anda bisa paham penggunaan batch file sederhana ini. Next time saya akan coba berbagi yang lebih ekstrim lagi(halah)sengihnampakgigi dengan menambahkan beberapa perintah internal maupun eksternal dari DOS.
Semoga Berguna.
                                                                                                                                       <<prev  next>>

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"


Get paid To Promote at any Location
Watch TV on Computer
 
Template by: widodo dc © 2010