Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Maksimalkan Kinerja PC Anda!

jika sistem terasa lambat dan anda tidak punya uang yang cukup buat upgrade pc anda maka jawabannya hanya 1 yaitu tweak sampe maksimal.
Berikut langkah langkahnya:

1. update bios

mengupgrade bios merupakan cara cepat untuk meningkatkan kinerja pc anda, memperbaiki bugs bahkan menambahkan fitur baru. lihat versi bios anda pada layar boot dan kemudia kunjungi situs pabriknya untuk mendapatkan update-tannya.

2. disable perangkat

percepat proses boot anda dengan mendisable perangkat2 motherboard yang tidak anda gunakanmisalnya video card onboard, sound card, dan sebagainya. lihat di bios anda apakah ada menu" integrated peripherals" untuk mencari opsi yang anda butuhkan? setelah masuk windows buka device manager cari perangkat lainnya yang tidak dibutuhkan klik kanan lalu disable.namun hati2 karena jika salah bisa-bisa pc anda tidak akan mau reboot.
memang berisiko tapi sekarang tergantung apa anda, jika anda merasa ragu cari informasinya di internet atau biarkan saja.

3. percepat boot

dengan menoptimalkan bios, maka proses boot akan lebih cepat.matikan pengetesan memory extended karena tidak berguna, lalu nyalakan quickboot untuk mendapatkan sedikit tambahan kecepatan. selanjutnya cari setting urutan boot (biasanya ada menu boot atau startup|boot). pastikan urutan pertama adalah hardisk anda, supaya sistem tidak terlalu membuang2 waktu untuk mencari perangkat lain.

4. jangan cek usb

jika anda memasang drive usb ke pc dan urutan bootnya sebelum harddisk, maka pc anda akan memberi waktu ke drive untuk inisialisasi sebelum mengecek apakah bootable atau tidak. pada beberapa bios terkadang disebut usb mass storage delay, dan anda bisa mengaturnya. jika anda tidak pernah boot dari drive us, maka set serendah mungkin untuk meminimalisasi delay. jika kemudian anda perlu boot dari usb, maka naikan lagi angkanya.

5. kurangi waktu tunggu

jika pc anda mempunyai satu atau beberapa OS maka anda akan melihat melihat menu boot ketika pc dijalankan, untuk mengurangi waktu tunggu sebelum memilih setting default, klik kanan komputer pilih properties,  advanced system settings, startup and recovery settings pilih OS defaukt anda dan set time to display dan set time to display of operating system ke 10 detik misalnya.

6. defragment secara menyeluruh

tool defrag windows tidak bisa mendefragment file yang dibuka untuk keperluan tertentu yang artinya file pagging dan registry tidak disentuh. untungnya ada tool free yang bisa membantu. pagedefrag dijalankan ketika proses boot dan bisa mendefragment file sistem tersebut.

silahkan klik disini untuk mendownload softwarenya


7. pilih hibernate

jangan pilih shutdown jika nanti komputer akan digunakan lagi dan anda harus meninggalkannya cukup lama. pilihlah hibernate untuk menghemat waktu ketika anda masuk lagi kekomputer. windows akan menyimpan status komputer ke harddisk sehingga bisa boot jauh lebih cepat.

8. gunakan compactflash

compactflash memang tergolong mahal dan kurang portable namun compactflash jauh lebih cepat. jika di system anda terdapat reader internal (yang tidak terpasang melalui usb) maka coba gunakan compactflash. selain untuk penyimpanan data, anda bisa menggunakan compactflash untuk readyboost.

Selesai, Semoga bermanfaat...

sumber : http://uc1n-klik.blogspot.com/2010/10/tips-memaksimalkan-kinerja-pc-anda.html

2 comments:

firman mengatakan...

http://rahayurentalmobil.blogspot.com/

rendy mengatakan...

makasih infonya gan...bermanfaat...nunggu postingan berikutnya

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010