Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Perbedaan MotoGP dan Superbike

Sama-sama olahraga balap motor, MotoGP mungkin lebih terkenal di telinga orang kudus jika di bandingkan dengan Superbike. Tetapi disini kita tidak akan membahas mana yang lebih baik atau terkenal, kita hanya akan membahas perbedaan antara keduanya.


Jelas MotoGp dan superbike tidak sama, adapaun perbedaan pertama yaitu terletak pada karakter sepeda motor yang dipakai balapan. Di MotoGP mesin yang gunakan untuk balapan yaitu mesin prototype . Jadi mesin yang di gunakan di MotoGP merupakan mesin yang tidak di produksi secara masal yang di ciptakan khusus untuk balapan yang di kemudian hari dapat di terapkan pada mesin yang akan di jual bebas. Sedangkan dalam balapan superbike menggunakan mesin yang di produksi masal dan di jual bebas di pasaran (minimal 3000 unit pada musim 2010) dengan kapasitas 1000cc untuk 4 silinder, 1200cc untuk 2 silinder.


Meskipun di perbolehkan merubah atau merombak beberapa komponen motor supaya menjadi lebih cepat. Namun dalam suberbike ada banyak pertauran yang membatasi perubahan tersebut Sebagai contoh cover mesin tidak boleh diganti, rangka tidak boleh diutak-atik, dan semua komponen pengganti yang dipakai di Superbike harus tersedia dipasar.


Hal inilah yang membuat kecepatan laju (Top Speed) dari MotoGP tetap lebih cepat dari Superbike meskipun kapasitas mesin yang di gunakan lebih kecil jika dibandingkan dengan Superbike. Karena dalam MotoGP teknisi bebas berekspresi untuk membuat laju kendaraannya menjadi cepat. Mereka hanya di batasi beberapa regulasi yang berhubungan dengan keamanan pembalap MotoGP.


Disamping dari segi mesin, perbedaan lain juga dapat dilihat dari segi pesertanya. Di superbike peserta dapat membuat tim tanpa mendapat dukungan dari pabrik produsen moto. Peserta hanya perlu membeli sepeda motor dari dealer, kemudian mendaftarkan diri ke pengelola lomba, FG Sport.


Sedangkan di MotoGP tim peserta lomba harus mendapat dukungan dari pabrik sepeda motor. Bahkan karena mengandung tekhnologi yang sangat tinggi sepeda motor yang di gunakan oleh sebuah tim MotoGP tidak bisa di miliki oleh Tim. Ketika musim balab selesai harus dikembalikan ke pabrik. Aturan yang sama juga berlaku untuk tim satelit. Bahkan, Mereka di haruskan membayar uang sewa untuk sebuah mesin MotoGP dalam satu musim lomba dengan biaya antara 1,5 hingga 2 juta dolar AS. Tentunya persyaratan yang ketat.


Perbedaan lainnya yaitu dari segi pelaksanaan lomba. Di MotoGP jalannya balapan dalam satu seri di adakan satu kali sedangkan dalam WSBK dilaksanakan dua kali.


Selain beberapa perbedaan mendasar masih banyak perbedaan lainnya yang membuat keduanya menjadi asyik untuk di tonton. Perbedaan lain antara WSBK dan MotoGP yaitu seperti jumlah bensin, bobot mesin dan lain-lainnya.


Jadi anda lebih tertarik mana ????

motogp atau World Superbike....

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010