Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Kumpulan Tips Kreatif

Menyembunyikan Start Menu (khusus Win95/97)
Anda bisa menghilangkan menu START yang terdapat pada kiri bawah desktop anda. Caranya:
1. Tekanlah tombol Ctrl dan Esc.
2. Tekan Alt dan -
3. Pilih Close.
(catatan: tombol - adalah tombol - yang terdapat pada keyboard bagian kanan). 


Mengganti icon dari kursor
Ternyata kursor mouse pun bisa kita gunakan sebagai icon sehingga kita mempunyai variasi icon yang banyak. Caranya, klik kanan pada shortcut yang ingin diganti icon-nya dan pilih Properties. Pindah ke tab Shortcut dan klik tombol Change Icon. Lalu cari ke directory yang terdapat kursor Anda. Kalau Anda meng-install MS Plus!, Anda bisa menggunakan kursor yang terletak di sana. 

Pesan di awal start up
Tambahkan tulisan berikut pada file autoexec.bat :

    Echo off Cls Echo Komputer ini milik Rossi Echo. Echo Jadi jangan diobok-obok ya... Echo. For %%C in(A B C D E F G H I J K L) do Dir C:\Windows >Null Echo. Echo Kalau macem-macem, AWAS..!!!
Maka tiap kali komputer anda di-boot, akan muncul pesan tersebut. Tulisan yang diawali dengan Echo bisa anda ganti dengan pesan anda sendiri. So kamu bisa ngusilin teman yang masih awam dalam komputer dengan tulisan-tulisan aneh, seperti "Komputer ini terserang virus DIE HARD.." Pasti temen anda bingung.


Shortcut dan folder tanpa nama
Anda pengen punya folder atau shortcut pada Windows 95/98/NT/2000/NE, tapi tidak terlihat namanya ? Caranya klik kanan lalu Rename pada folder atau shortcut yang ingin Anda ganti namanya. Kemudian ketikkan [Alt] + [0160] (ini adalah karakter spasi yang tak terlihat). Pada penulisan 0160 tersebut, Anda harus menggunakan angka-angka yang ada di keypad numerik (bagian kanan keyboard). 

 
Menuliskan nama di Taskbar
Pengen nama Anda tertulis pada Taskbar Windows ? Anda bisa melakukannya ! Pertama, klik menu Start/Settings/Control Panel. Setelah berada pada Control Panel, klik ganda icon Regional Settings. Pindah ke tab Time. Pada kolom AM symbol dan PM symbol, ketikkan nama Anda, tapi maksimal 8 karakter termasuk spasi. 
 
Membuat folder yang tersembunyi
Anda bisa membuat sebuah folder yang tersembunyi, baik di dalam DOS prompt maupun dalam Windows Explorer. Caranya, pindah ke MS-DOS prompt, lalu ketikkan mkdir yang diikuti dengan spasi. Tekan dan tahan tombol [Alt], ketikkan 0255, lalu lepaskan [Alt]. Pengetikan 0255 dilakukan dengan menggunakan keypad numerik. 

 
Membuat icon dari .bmp
Kalau Anda sudah bosan dengan icon-icon yang Anda miliki Anda bisa mencoba icon yang lain yaitu dari file .bmp. Caranya, gantilah file .bmp tersebut menjadi .ico (misalnya gambar.bmp menjadi gambar.ico. Cara yang lain : misalnya Anda ingin mengganti icon dari suatu shortcut. Pertama klik kanan pada shortcut dan pilih Properties. Pindah pada tab Shortcut dan pilih Change Icon. Setelah itu browse ke folder yang menyimpan file .bmp Anda.




Menghapus isi disket dengan cepat
Untuk menghapus semua file yang ada pada disket dengan cepat gunakan cara berikut :
    - Klik kanan pada desktop, pilih New Shortcut - Ketikkan deltree /y a: pada Command Line, klik next, beri nama (misalnya) Hapus A:. Jangan lupa pilih iconnya. Terakhir klik Finish. - Klik kanan shortcut tersebut, pilih Properties. Pindah ke tab Programs dan tandai Close on exit.
Untuk menghapus file pada drive A cukup klik pada icon. 
 
Cara cepat menghapus recent document
Untuk menghindari orang lain mengetahui file-file apa saja yang barus saja kita buka, salah satu caranya adalah dengan menghapus recent document. Caranya sebagai berikut :
1. Buka Notepad.
2. Ketikkan : echo y| del C:\windows\recent\*.*
3. Simpan file pada sembarang folder, beri nama (misalnya) hapus.bat. Ingat, ekstensi harus bat.
4. Bikin shortcut file tersebut pada dekstop.
5. Klik kanan shortcut tersebut, pilih Properties.
6. Pindah ke tab Program.
7. Pada bagian Run, pilih Minimized.
8. Beri tanda check pada Close on Exit.
9. Klik OK.

Nah sekarang Anda bisa menghapus recent document dengan cepat, yaitu dengan mengklik shortcut yang telah Anda buat pada desktop.


Mengganti tulisan pada Start Menu (Win 98)
Windows Anda akan kelihatan lebih menarik jika tulisan-tulisan pada Start Menu diganti dengan tulisan yang lain. Misalnya tulisan Start diganti dengan Mulai, Find diganti dengan cari, dll. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengedit pada file C:\Windows\explorer.exe dengan hexa editor, misalnya Ultra Edit atau kalau Anda menginstall Norton Utilities gunakan diskedit.exe.

Ada pun langkah2 komplitnya adalah sebagai berikut :
  1. Copy file explorer.exe ke sembarang folder, misalnya ke C:\.
  2. Sekarang buka file explorer.exe hasil copy-an tadi dengan hexa editor kesayangan Anda.
  3. Dari tabel di bawah ini cari posisi dari tulisan yang hendak Anda ganti. Misalnya Anda ingin mengganti tulisan Shut Down. Pertama pindah ke posisi 000281e2h (untuk melihat posisi, perhatikan tulisan pada staturbar ultra edit, terletak paling bawah). Kemudian ganti tulisan tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Yang harus diperhatikan adalah panjang tulisan tersebut harus sesuai dengan aslinya dan tiap huruf yang Anda tuliskan harus diselingi dengan spasi (00h).

    Tulisan Shut Down yang belum diganti

     

    Tulisan Shut Down yang sudah diganti
  4. Kalau sudah restart komputer Anda ke mode DOS (restart in MS-DOS mode).
  5. Rename file c:\windows\explorer.exe ke sembarang nama (misalnya explor.exe. Caranya ketik :

    C:\
    C:\cd windows
    C:\Windows\ren explorer.exe explor.exe

  6. Pindah lagi ke directory tempat Anda menyimpan file hasil copy-an explorer.exe (dalam contoh ialah C:\). Copy file hasil copy-an ke c:\Windows. Caranya ketik :

    C:\Windows\cd\
    C:\copy explorer.exe c:\windows

  7. Masuk ke mode Windows dengan mengetikkan C:\win dan tekan enter.
Posisi
Tulisan
00028d6eh
Start
000281e2h
Shut Down
00028142h
Run
00028126h
Help
000280f6h
Find
00027ea2h
Document
00027ef2h
Settings
00027e52h
Favorites
00027e02h
Programs
00028736h
Info tips


Mengganti icon document
Jarang kita mengetahui bahwa berbagai aplikasi pada Windows sebenarnya memiliki banyak icon. Sebagai contoh MS Word. Secara default icon untuk document MS Word (ditandai dengan ekstensi *.doc) mempunyai icon berbentuk . Sebenarnya Anda bisa menggantinya dengan berbagai icon lain yang tidak kalah menarik seperti :

Berbagai icon alternatif untuk document MS Word

Nah, untuk mengganti icon-icon tersebut caranya sebagai berikut :
1. Dari Windows Explorer, pilih menu View - Folder Options.
2. Pindah ke tab File Types.
3. Pilih document yang akan diganti iconnya. Sebagai contoh MS Word. Cari tulisan Microsoft Word Document.
4. Klik menu Edit.
5. Pada tampilan yang muncul, klik Change Icon.
6. Pilih dari berbagai icon yang ada, lalu klik OK.

Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas sesuai dengan icon document yang ingin Anda ganti.







Menambahkan informasi pada System Properties
Saat Anda mengklik icon System pada Control Panel atau menekan tombol WinKey + Pause maka akan muncul kotak dialog System Properties. Di sana terdapat beberapa informasi mengenai komputer dan Windows Anda. Tapi tahukan Anda bahwa Anda bisa menampilkan gambar atau informasi pada System Properites ? Dengan tips di bawah ini Anda dapat dengan mudah melakukannya.

Caranya bikin file oeminfo.ini ke C:\Windows\System untuk Win 95/98 atau ke C:\Winnt\System32 untuk Windows NT. Adapun isi dari file oeminfo.ini adalah sebagai berikut :
[General]
Manufacturer=Komputer Rakitan
Model=Model Baru

[Support Information]
Line1=Ini baris pertama
Line2=Baris kedua
Line3=Silakan diisi dengan
Line4=text apa saja

Anda bisa mengganti tulisan yg terletak di sebelah kanan tanda sama dengan (=), dengan teks Anda sendiri. Anda bisa membuat baris sebanyak-banyaknya, dengan "menaikkan" angka di atas.
Untuk menambahkan image, bikin file bernama oemlogo.bmp dengan ukuran 180x114.
Untuk memudahkan Anda, kami menyediakan file oeminfo.ini dan oemlogo.bmp untuk didownload. Setelah itu edit file tersebut sesuai keinginan Anda dan copy-kan ke folder yang telah ditentukan.
Download File

Memodifikasi kotak dialog pd Windows #1 *
Anda pasti sudah paham kalau Windows mempunyai banyak sekali kotak dialog (dialog box), misalnya kotak dialog Taskbar Properties, Run (Start Menu - Run), lalu kotak dialog yang muncul saat Anda akan menghapus file. Tahukah Anda bahwa semua kotak dialog itu dapat Anda modifikasi sesuka hati, misalnya mengganti bahasanya, tampilannya, dan sebagainya ?
Nah, ikuti tips berikut untuk melakukan semua itu :
1. Download program ResourceHacker di sini.
2. Copy file shell32.dll (terletak di C:\Windows\System) ke sembarang folder, misalnya ke C:\, sehingga bila terjadi error Anda dapat mengembalikan seperti keadaan semua.
3. Jalankan program ResourceHacker. Lalu dari menu File, pilih Open dan pilih file shell32.dll hasil copy-an tadi.

Klik pd gambar utk melihat tampilan yg lebih besar
4. Tentukan kotak dialog yang ingin Anda ganti. Misalnya mengganti kotak dialog shortcut (kotak dialog yg muncul saat Anda mengklik kanan pada shortcut dan memilih Properties). Untuk itu klik pada Dialog, dan klik lagi pada 1040 dan 1033.
5. Klik pada teks yang ingin Anda ganti tulisannya. Misalnya tulisan Find Target. Caranya klik kanan pada button yg terdapat tulisan Find Target, lalu pilih Edit Control. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di samping (klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar).
6. Ganti tulisan yang terletak pada bagian Caption. Anda boleh mengganti teks tersebut sesuai keinginan Anda, tapi perhatikan jumlah karakter aslinya (jumlah aslinya 15 karakter). Jadi jumlah karakter dari teks yang baru Anda buat harus sama dengan jumlah karakter aslinya.
7. Setelah melakukan perubahan, klik OK. Lalu tekan tombol Compile Script yang terletak pada bagian atas program ResourceHacker.

8. Selain kotak dialog Shortcut Properties, Anda dapat mengganti berbagai kotak dialog lainnya. Caranya seperti pada langkah 4 sampai langkah 7.
9. Setelah Anda "puas" memodifikasi berbagai kotak dialog tersebut, klik pada menu File dan Save. Lalu klik pada File - Exit:
10. Restart Windows Anda ke Dos Mode. Caranya dari menu Start klik Shutdown lalu pilih Restart in MS Dos Mode. Pada Dos prompt ketikkan perintah-perintah di bawah ini (tulisan berwarna merah adalah keterangannya, yang Anda tulis adalah teks yang berwarna hitam).
 
C:\Windows

(pindah ke directory system)
C:\Windows\cd system

(mengganti nama file shell32.dll menjadi shell32.bak)
C:\Windows\System\ren shell32.dll shell32.bak

(pindah ke root directory drive C, tempat menyimpan file shell32.dll yang telah dimodifikasi)

C:\Windows\System\cd\

(meng-copy file shell32.dll yang telah dimodifikasi ke C:\Windows\System)
C:\copy shell32.dll C:\Windows\System
 
11. Setelah itu Anda dapat masuk kembali ke Windows. Untuk melihat hasilnya (bila yang dimodifikasi adalah kotak dialog Shortcut), klik kanan pada sembarang shortcut, lalu pilih Properties.
Di bawah ini adalah beberapa contoh kotak dialog yang telah dimodifikasi. Anda dapat memilih berbagai kotak dialog lainnya yang ingin Anda modifikasi. Untuk itu Anda dapat mencarinya sendiri berdasarkan pedoman yang telah kami berikan pada artikel.

Kotak Dialog Run (Start Menu - Run)


Kotak dialog shortcut properties 

 
Kotak dialog yang muncul saat kita mengklik file atau folder dan mendragnya. 

Klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar.


Modifikasi sendiri dengan ResourceHacker. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Download file yang telah kami modifikasi.
  2. Ekstrak dengan WinZip atau software sejenis.
  3. Letakkan file shell32.dll hasil ekstrak tersebut ke drive atau folder tertentu misalnya ke C:\.
  4. Restart komputer Anda ke Mode Dos, maka akan muncul prompt seperti ini :

    C:\Windows

    Lalu ikuti dengan langkah berikut :

    (pindah ke directory system)
    C:\Windows\cd system

    (mengganti nama file shell32.dll menjadi shell32.bak)
    C:\Windows\system\ren shell32.dll shell32.bak

    (pindah ke root directory drive C, tempat menyimpan file shell32.dll yang telah dimodifikasi)

    C:\Windows\System\cd\

    (meng-copy file shell32.dll yang telah dimodifikasi ke C:\Windows\System)
    C:\copy shell32.dll C:\Windows\System


    Setelah langkah di atas, langsung masuk aja ke mode Windows dan lihat hasilnya seperti gambar di bawah ini (selain gambar yang ada di sini):
 


Kotak dialog yang muncul saat kita ingin menghapus file
Kotak dialog yang muncul saat kita ingin menghapus file secara permanen atau tanpa melalui recycle bin (menghapus file dengan cara menekan Shift + Delete)
Kotak dialog yang muncul saat kita melakukan klik kanan pada icon Recycle Bin
Sub menu dari menu Start - Run






Tips mempercepat pemanggilan aplikasi
Anda pasti mempunyai program-program favorit, dalam arti program yang sering sekali Anda gunakan. Misalnya MS Word, MS Excel, Corel Draw dan sebagainya. Untuk menjalankan aplikasi tersebut biasanya Anda harus mengarahkan mouse ke Start - Programs - Microsoft Word (atau yg lainnya).
Nah, kali ini kami akan memberikan tips cara menjalankan aplikasi favorit tersebut dengan mudah, hanya dengan menekan kombinasi tombol yang dapat Anda pilih. Langkah lengkapnya sebagai berikut:
1.
Klik kanan pada shortcut aplikasi yang Anda inginkan (biasanya terletak di Start - Programs), lalu pilih properties. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di samping.
*Pada contoh ini shortcut yang digunakan adalah shortcut untuk MS Word.
2. Letakkan cursor mouse ke edit box Shortcut Key. Lalu tekan kombinasi tombol yang Anda inginkan.
Dalam contoh gambar di kanan, kombinasi tombol yang digunakan adalah Ctrl + Shift + W.
3. Setelah itu letakkan cursor mouse di edit box Run. Terdapat tiga pilihan yaitu Normail window, Minimized, Maximized.
Maximized berarti aplikasi tersebut akan terbuka dengan ukuran window maksimal. Minimized berarti aplikasi akan terbuka dalam keadaan minimize.
4. Jika sudah selesai tekan tombol Apply dan OK.
Mulai sekarang untuk membuka aplikasi yang Anda inginkan tinggal menekan kombinasi tombol yang telah Anda tentukan pada langkah ke-2 tadi. Selamat mencoba!
Catatan:
Pada gambar di atas terdapat tulisan Tipe Target, Letak Target, Target, Mulai dr, Cari Target dan Ganti Icon. Tulisan-tulisan tersebut telah diganti dari aslinya yang berbahasa Inggris dengan menggunakan program ResourceHacker. Ikuti cara mengganti tulisan tersebut di sini.


Membuat animasi warna pada logo startup
Jika Anda telah membaca artikel "Mengganti Logo Startup", Anda tentunya dapat sekarang telah dapat mengganti logo startup sendiri (tanpa bantuan program lain). Diantaranya pembaca mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat animasi warna yang terletak pada logo startup bagian bawah.
Untuk melakukan itu Anda dapat menggunakan program XrX Add Bar dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
1.
Jika Anda belum memiliki program XrX Add Bar, Anda dapat mendownloadnya di sini. Extract zip file hasil download tersebut dan jalankan file XrXAddBar.exe.
2. Pada form utama XrXAddBar klik tombol Load. Pada kotak dialog yang muncul, pilih image atau gambar yang akan digunakan sebagai logo.

Jika Anda sudah memilih image dan mengklik OK, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di samping.

Setelah Anda selesai melakukan berbagai setting pada Image Load Properties Anda dapat mengklik tombol OK.
3. Saat berada pada form utama, Anda dapat menambahkan animasi warna dengan mengklik pada tombol Add Bar .

4. Pada kotak dialog Add Animation Bar ini, Anda dapat melakukan setting warna apa saja yang akan digunakan pada animasi.
Jika sudah selesai klik tombol Apply.
5. Langkah terakhir adalah menginstall logo tersebut. Untuk itu klik pada tombol Install, maka akan muncul kotak dialog Logo Install Options. Di sini Anda dapat mengatur apakah logo yang Anda buat akan digunakan sebagai startup logo, please wait logo atau OK to shutdown logo.


Melewatkan serial number pada MS Office 2000
Setiap kali Anda menginstall MS Office 2000 maka Anda harus selalu mengisikan serial numbernya yang terdiri dari belasan karakter. Nah, daripada repot-repot mengapa tidak dibikin otomatis saja?
Caranya buka file setup.ini dengan Notepad, cari pada bagian [Options] dan hilangkan tanda # pada USERNAME.
[Options]
; If a value is present, the [Options] section gives the values of properties to apply to
; this installation. Specify them in the format:
; PropName=PropValue
; Remember to uncomment both the section name and the value names.
;
USERNAME=Nama_Anda
PIDKEY=ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXY

Tulis nama Anda pada bagian USERNAME dan tulis serial number pada bagian PIDKEY.
Simpan file tersebut. Mulai sekarang Anda tidak perlu mengisikan serial number lagi saat Anda menginstall MS Office 2000

 Diambil dari klik-kanan.com

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"


Get paid To Promote at any Location
Watch TV on Computer
 
Template by: widodo dc © 2010