Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Tips merawat dan memperindah cat motor kita

Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan cat motor kita.
Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget...
Gimana cara ngerawatnya ya... ?

Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...

Washing/mencuci :
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci cat custom motor, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikut alat dan step-stepnya:

-Sabun,
Shampoo mobil/motor untuk cat oven adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat custom motor kita bakal terjaga terus. untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.

Mulai basah-basahan yuks :

Semprot dengan air seluruh bagian motor khususnya cat oven, sampai kalian yakin klo kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih.

semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut kunjungilah paint shop, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Detailing process (acara poles memoles):

Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,

1.Claying,Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan coba raba body / desain motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita butuh nih treatment ini.

2.Cleaning pada paint shop,Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.

3.Polishing,langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, desain motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah... polishing adalah caranya.

4.Waxing airbrush motor,nah pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih ok yg pure carnauba.

5.Maintaining,Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kita rawat airbrush motor anda. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.



Otomotif

  1. Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
  2. Balancing Roda Rata dan Imbang
  3. Dampak Pindah Gigi Kasar


  4. Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
  5.  
  6. Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
  7. Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
  8. Karet Vakum Tentukan Akselerasi
  9. Kenali Ciri Asli Genuine Part
  10. Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
  11.   
  12. Lampu Meredup
  13. Merawat mesin kendaraan bermotor
  14. Obeng Digital
  15. Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
  16.  
  17. Pastikan Watt
  18. Perawatan Mika Lampu
  19. Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
  20.  
  21. Rahasia Bahan Bakar Air
  22. Rekayasa Bos Klep
  23.  
  24. Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
  25. Subtitusi Filter Oli Yamaha
  26. ,  
  27. Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
  28. Tips merawat dan memperindah cat motor kita
  29. Tips Merawat Velg
  30. Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
  31.  
  32. Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"


Get paid To Promote at any Location
Watch TV on Computer
 
Template by: widodo dc © 2010