Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Cara Lain amankan data dan bertahan Dari Virus

           Untuk semua virus pasti punya kode infektor yang murni.Maksudnya sebelum ada file yang terinfeksi,virus itu sebenarnya berdiri sendiri.

Contohnya: Virus type sality dan virut,virus ini mempunyai kecepatan infeksi yang sangat cepat dan luas.Sampai semua file exe yang ada di hardisk akan terinfeksi semua.Dan kalau dihilangkan(cleaning),tapi ada satu saja yang masih aktif maka  akan terkena lagi semua file exe yang ada.

Virut dan sality ,infektor sebenarnya antara lain adalah:

1.Autorun.inf , hampir semua virus sekarang penyabarannya melalui Usb Flash Disk (UFD) dengan cara menaruh file autorun.inf di flash disk tersebut,dimana bila UFD ditancapkan ke komputer , secara default windows akan mengeksekusi file yang dieksekusi ( di open) didalam file autorun.inf..

                     untuk antisipasi autorun.inf  kita bisa ,mematikan autorunnya windows seperti yang pernah saya bahas. Atau menggunakan Fdguard,tapi kekurangan fdguard adalah dia belum bisa merename file yang sama yang telah direname,jadi kita harus menghapus manual file yang telah direname sebelum ditancapkan kekomputer lain lagi,contoh autorun.in_ karena kalau tidak dihapus maka bila ditancapkan ke komputer yang ber virus autorun.inf tidak bisa direname lagi.

2.Boot.exe ,jseup.exe dll. Untuk file exe, itu sudah biasa di buat virus untuk infeksi system,tapi untuk boot.exe kelebihannya adalah bila sudah masuk ke system,biarpun di view show hidden system,file boot.exe di flashdisk  tetap tidak terlihat.Dan untuk menahannya sudah dibahas dengan menggunakan gpedit.msc >administrative templates>System>Don’t run specified windows application.

3.Menggunakan file ekstensi cmd dan pif,untuk ini teknologi barunya.untuk antisipasinya:

Control panel>Folder options>File types>Click new>masukkan ekstensi cmd>Click advance>pilih associated file typenya text document>keluar tampilan extension is in use>click yes.seperti itu juga ekstensi pif ,vbs, dan lain-lain.yang perlu diperhatikan jangan untuk ekstensi exe, atau yang digunakan windows atau program aplikasi lain untuk bekerja.

Dengan cara merubah assosiasi file, infektor virus “Tak berdaya” :P

                   Begitu pula sebaliknya, kita bisa membuat extension baru untuk file dokumen kita agar aman terkendali :P tidak terkena virus.

Contohnya: Control panel>Folder options>File types>Click new>masukkan ekstensi misalnya “d”>Click advance>pilih associated file typenya ,misalnya :microsoft office word document>untuk dokumen microsoft word.

                        Apa yang terjadi? Bila kita lihat di Control panel>Folder options>File types>kita ketik d,maka ada ekstensi baru bernama d yang open with defaultnya pakai Microsoft word.

dengan begitu kita bisa me-rename semua file dokumen  kita sesuai keinginan kita ,tergantung ekstensi yang kita buat di new extension tadi.misalnya file exel,powerpoint,jpg dan lain-lainnya,yang sering digunakan virus maker untuk merusak dokumen kita…. :P :D

Selamat mencoba!!        Hati-hati …. dan semoga berhasil………

2 comments:

mr_orche mengatakan...

Bagi yg suka pake FDGuard, sekarang sudah ada versi 1.20 yg lebih mudah pemakaiannya, dan ekstensi file target pencarian bisa diedit sendiri. Silahkan download di sini:
http://mantab.noads.biz/index.php?page=article_show.php&id=fdguard
http://www.ziddu.com/downloadlink/11982737/fdguard.zip

mr_orche mengatakan...

Bagi yg suka pake FDGuard, sekarang sudah ada versi 1.20 yg lebih mudah pemakaiannya, dan ekstensi file target pencarian bisa diedit sendiri. Silahkan download di sini:
http://mantab.noads.biz/index.php?page=article_show.php&id=fdguard
http://www.ziddu.com/downloadlink/11982737/fdguard.zip

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010