Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Atasi Knalpot Slip On Bocor


gbr.1

gbr.2

gbr.3

gbr.4
  Saat ini, knalpot aftermarket untuk 4-Tak model slip on lagi in dan digemari motormania. Maklum, untuk urusan bongkar pasang, jadi sangat mudah dan membantu. Cuma ya itu, di balik keistimewaannya, saluran gas buang jenis begini juga punya kelemahan, lo.

Contoh nih, ketika motor jatuh, kemungkinan knalpot bocor pada sambungan sangat besar (gbr.1). Dampak yang paling terasa, suara yang dihasilkan peranti itu berubah jadi agak sember. Bahkan tak mustahil akan mempengaruhi tarikan.

Nah, buat Anda yang mengalami hal serupa, langsung saja dibenahi. “Caranya gampang kok, dan butuh modal gak sampai Rp 30 ribu,” ujar Yori, dari Yatim Speed (YS) di kawasan Manggarai, Jaktim. Mau tahu triknya? Langsung saja disimak.

Yang pertama harus diperhatikan adalah model slip on itu sendiri. Pasalnya, knalpot ini tersedia dengan sistem klem dan per. Walaupun prinsip kerjanya sama-sama mengikat pipa pada sambungan silencer, namun trik pembenahannya gak bisa disamakan.

Oke to the point aja! Pertama pisahkan dulu pipa knalpot dengan silencer-nya. Untuk yang model pegas, silakan lepas pernya lebih dulu. Nah, kalau yang model klem, langsung buka dengan bantuan kunci 8 atau 10.

Lantas potong sisa pipa yang ada di silencer dan ganti dengan pipa yang baru dengan bantuan tukang las (gbr.2). Untuk ukuran panjang pipa, samakan dengan pipa aslinya. Dan untuk diameter, bisa diukur dari pipa knalpot yang bakal disambungkan dengan silencer.

“Yang jelas, ukuran diameter dalam pipa silencer harus lebih besar 0,5 mm dari ukuran diameter luar pipa knalpot,” wanti Yori. Lanjut ya! Kalau pipa baru sudah dipasang, langsung saja rakit kembali knalpot seperti semula.

Nah untuk mencegah bocor pada sambungan, manfaatkan lem silikon yang tahan panas atau high temperature silicon gasket pada pipa knalpot (gbr.3). Sampai di sini, giliran media pengikat pipa sambungan yang harus dibenahi.

Kalau yang model per, bisa ganti dengan ukuran pegas lebih pendek. Tujuannya, agar daya tarik per makin kuat. Nah kalau yang model klem lebih gampang. “Tinggal ganti klem bawaan dengan yang biasa dipakai buat mengikat pipa atau slang (gbr.4),” tutup Yori.


Otomotif

  1. Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
  2. Balancing Roda Rata dan Imbang
  3. Dampak Pindah Gigi Kasar


  4. Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
  5.  
  6. Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
  7. Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
  8. Karet Vakum Tentukan Akselerasi
  9. Kenali Ciri Asli Genuine Part
  10. Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
  11.   
  12. Lampu Meredup
  13. Merawat mesin kendaraan bermotor
  14. Obeng Digital
  15. Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
  16.  
  17. Pastikan Watt
  18. Perawatan Mika Lampu
  19. Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
  20.  
  21. Rahasia Bahan Bakar Air
  22. Rekayasa Bos Klep
  23.  
  24. Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
  25. Subtitusi Filter Oli Yamaha
  26. ,  
  27. Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
  28. Tips merawat dan memperindah cat motor kita
  29. Tips Merawat Velg
  30. Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
  31.  
  32. Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010