gbr.1 |
gbr.2 |
gbr.3 |
gbr.4 |
Contoh nih, ketika motor jatuh, kemungkinan knalpot bocor pada sambungan sangat besar (gbr.1). Dampak yang paling terasa, suara yang dihasilkan peranti itu berubah jadi agak sember. Bahkan tak mustahil akan mempengaruhi tarikan.
Nah, buat Anda yang mengalami hal serupa, langsung saja dibenahi. “Caranya gampang kok, dan butuh modal gak sampai Rp 30 ribu,” ujar Yori, dari Yatim Speed (YS) di kawasan Manggarai, Jaktim. Mau tahu triknya? Langsung saja disimak.
Yang pertama harus diperhatikan adalah model slip on itu sendiri. Pasalnya, knalpot ini tersedia dengan sistem klem dan per. Walaupun prinsip kerjanya sama-sama mengikat pipa pada sambungan silencer, namun trik pembenahannya gak bisa disamakan.
Oke to the point aja! Pertama pisahkan dulu pipa knalpot dengan silencer-nya. Untuk yang model pegas, silakan lepas pernya lebih dulu. Nah, kalau yang model klem, langsung buka dengan bantuan kunci 8 atau 10.
Lantas potong sisa pipa yang ada di silencer dan ganti dengan pipa yang baru dengan bantuan tukang las (gbr.2). Untuk ukuran panjang pipa, samakan dengan pipa aslinya. Dan untuk diameter, bisa diukur dari pipa knalpot yang bakal disambungkan dengan silencer.
“Yang jelas, ukuran diameter dalam pipa silencer harus lebih besar 0,5 mm dari ukuran diameter luar pipa knalpot,” wanti Yori. Lanjut ya! Kalau pipa baru sudah dipasang, langsung saja rakit kembali knalpot seperti semula.
Nah untuk mencegah bocor pada sambungan, manfaatkan lem silikon yang tahan panas atau high temperature silicon gasket pada pipa knalpot (gbr.3). Sampai di sini, giliran media pengikat pipa sambungan yang harus dibenahi.
Kalau yang model per, bisa ganti dengan ukuran pegas lebih pendek. Tujuannya, agar daya tarik per makin kuat. Nah kalau yang model klem lebih gampang. “Tinggal ganti klem bawaan dengan yang biasa dipakai buat mengikat pipa atau slang (gbr.4),” tutup Yori.
Otomotif
- Atasi Drat Baut Dol
- Atasi Knalpot Slip On Bocor
- Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
- Balancing Roda Rata dan Imbang
- Bore-Up Jupiter MX Dengan Blok Vixion
- Busi Cepat Mati
- Dampak Pindah Gigi Kasar
- DUCATI DESMO VALVE SYSTEM
- Fastest Cars In the World
- Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
- Jurus Mudah Bongkar Motor Di Rumah
- Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
- Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
- Karet Vakum Tentukan Akselerasi
- Kenali Ciri Asli Genuine Part
- Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
- Kurangi Gesekan Jupiter-Z
- klep desmodromic ama pneumatic
- Lampu Meredup
- Merawat mesin kendaraan bermotor
- Obeng Digital
- Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
- Pasang Footstep Underbone Switch Remnya Dipakai Dong
- Pastikan Watt
- Perawatan Mika Lampu
- Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
- Pneumatic Valve saingannya Desmodromic
- Rahasia Bahan Bakar Air
- Rekayasa Bos Klep
- Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot
- Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
- Subtitusi Filter Oli Yamaha
- Mazda Rotary's Revolutionary Engine, The Renesis
- Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Tips merawat dan memperindah cat motor kita
- Tips Merawat Velg
- Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
- Upgrade Kawasaki Athlete
- Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...
"U Comment I Follow"