Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif

Kampas Kopling Alternatif
2198kampas-kopling-gt-1.jpgTrik mendongkrak performa Bajaj Pulsar 180 dengan mudah, yaitu mengganti kampas kopling. Tujuannya agar selip kampas dengan pelat kopling saat terhubung atau ketika terjadi perpindahan daya dapat ditekan seminim almungkin. Alhasil akselarasi awal hingga putaran atas jauh lebih baik.

Hanya saja untuk mengganti kampas kopling standar Pulsar 180 dengan Ekaproduk lain masih jarang yang tahu. Walaupun beberapa Pulsarian sudah lakukakan trik ini. Maka dari itu Nursaid alias Said punggawa MJ Motor kasih solusi bagi pemilik Pulsar 180 yang ingin ganti kampas koplingi.

“Kebanyakan sih saya suruh ganti kampas kopling dengan kepunyaan Kawasaki Ninja. Itupun kalau mereka punya dana besar. Tapi bisa juga pakai produk aftermarket keluaran BRT. Untuk Ninja yang harganya pas dengan isi kantong namun tetap berkualitas,” lanjut mekanik di Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 8, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.2199kampas-kopling-gt-2.jpg

Cuma yaitu tadi, uang memang nggak bohong. Kata Said, meski sama-sama mampu mendongkrak tenaga Pulsar 180 lantaran memiliki permukaan tapak lebih lebar juga tebal dan lubang alur oli lebih sip (gbr. 1). Toh keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Contoh paling sederhana misal harga kampas kopling BRT 1 set isi 5 pelat dilego sekitar Rp 165 ribu. Harga itu konon jauh lebih murah dari kampas standar Pulsar 180 yang dijual HET (harga eceran tertinggi) Rp 225 ribu. Sedangkan kampas kopling Kawak Ninja dijual 1 keping HET Rp 51.000 x 5 = Rp 255.000.

Tetapi kenapa Said lebih menyarakan Pulsarian pakai kampas kopling Ninja dibanding produk BRT? “Sebetulnya perbedaan peningkatan atau rasanya enggak terlalu signifikan. Tapi bakal lebih terasa jika oli yang dipakai tipenya berbeda. Khusus pemilik Pulsar yang biasa pakai oli semi sintetis atau murni sintetis, kampas kopling punya Ninja lebih tahan frikis (gesek). Sehingga nggak gampang slip,”imbuhnya.

Lebih lanjut dipertegas Said, untuk pasang kampas kopling Ninja atau BRT di house kopling katanya tak sampai papas dudukan kaki kampas apalagi gerus pelat (gbr. 2). Pakoknya bisa langsung pasang.

Namun bagi yang tetap menggunakan pelumas bahan dasar minyak bumi alias bukan sintetik, punya BRT bagus. Seelain harga kampas kopling BRT lebih murah, pelumas non sintetik juga murah. Ini solusi bagi yang memang pengin berhemat.


Otomotif

  1. Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
  2. Balancing Roda Rata dan Imbang
  3. Dampak Pindah Gigi Kasar


  4. Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
  5.  
  6. Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
  7. Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
  8. Karet Vakum Tentukan Akselerasi
  9. Kenali Ciri Asli Genuine Part
  10. Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
  11.   
  12. Lampu Meredup
  13. Merawat mesin kendaraan bermotor
  14. Obeng Digital
  15. Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
  16.  
  17. Pastikan Watt
  18. Perawatan Mika Lampu
  19. Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
  20.  
  21. Rahasia Bahan Bakar Air
  22. Rekayasa Bos Klep
  23.  
  24. Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
  25. Subtitusi Filter Oli Yamaha
  26. ,  
  27. Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
  28. Tips merawat dan memperindah cat motor kita
  29. Tips Merawat Velg
  30. Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
  31.  
  32. Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"

 
Template by: widodo dc © 2010