Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Pasang Footstep Underbone? Switch Remnya Dipakai, Dong!


gbr.1

gbr.2

gbr.3

gbr.4
  Salah satu aksesori ala racing yang banyak dipakai motormania untuk harian adalah footstep underbone. “Uhuy... keren Bro, riding position kayak road racer,” aku Andi yang memasang peranti itu di besutannya Suzuki Shogun 125.

Cuma ya itu, pemuda ini rada lebay (berlebihan). Katanya, biar nuansa balapnya kental, dia enggak memasang switch remnya. “Wah, niru gaya balap boleh. Tapi unsur safety harus tetap diperhatikan,” kata Ipang, mekanik Big One Motor (B.O.M).

Betul tuh, karena kalo enggak nyawa bisa jadi taruhan. Risiko kecelakaan pun jadi makin membengkak. Maklum, switch atau sakelar rem ini berfungsi menyambung dan memutuskan arus listrik dari aki ke lampu rem atau belakang.

Coba bayangin kalo lampu belakang enggak nyala. Saat Anda ngerem mendadak, pengendara atau pengemudi yang ada di belakang gak akan tahu. Selanjutnya bisa ditebak, deh. “Makanya, pikirin lagi efek negatif ini,” tambah mekanik kreatif ini.

Jadi, solusinya? “Kalau tetep mau aplikasi footstep underbone, pasang dong switch rem lama bawaan motor. Hanya penempatannya aja diubah. Triknya mudah, kok,” papar pria yang doyan guyon ini. Hokeh.. kita praktikin di Suzuki Satria FU milik Andre warga Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar, deh.

Oh ya, praktik ini sekalian pasang footstep itu, ya. Pertama, kita tebus dulu pijakan kaki racingnya. Setelah itu kita kumpulkan dulu peralatan yang dipakai; kunci L-6, T-10, ring 12, satu buah cable-ties dan 4 buah baut L. Siaap...?

Kita copot dulu baut-baut di kanan kiri footstep standarnya dengan kunci ring 12. Lalu, tempatkan footstep underbone di dudukan lamanya. Pasang dua baut pengait baut L-6 yang sudah disiapkan. Ini agar aman dari maling (gbr.1).

Setelah semua baut kencang, lanjutkan pemasangan master rem belakang. Caranya, diselipkan pada belakang footstep dan pasang bautnya pakai kunci T-10 (gbr.2). Tinggal kita pasang switch remnya di depan master tadi dan diikat dengan cable-ties (gbr.3).

Agar lampu rem bisa berfungsi, per di switch remnya dikaitkan pada lubang footstep underbone yang telah tersedia (gbr. 4). “Saat rem diinjak, pernya ikut tertarik mengikuti tuas footstep remnya. Dengan begitu, sakelar akan memberi kode ke lampu untuk menyala,” bilangnya.

Lebih safe kan?


Otomotif

  1. Bajaj Pulsar 180 Kampas Kopling Alternatif
  2. Balancing Roda Rata dan Imbang
  3. Dampak Pindah Gigi Kasar


  4. Injeksi Mbrebet Jangan Takut Angin Palsu
  5.  
  6. Karbu dan Kem Racing Perbesar Suplai Bensin
  7. Karbu Vakum Skubek Bore up Irit
  8. Karet Vakum Tentukan Akselerasi
  9. Kenali Ciri Asli Genuine Part
  10. Kenali Dua Penyakit Utama Karburator Vakum
  11.   
  12. Lampu Meredup
  13. Merawat mesin kendaraan bermotor
  14. Obeng Digital
  15. Paket Head YAMAHA Jupiter-Z Kompresi Tinggi
  16.  
  17. Pastikan Watt
  18. Perawatan Mika Lampu
  19. Perawatan Monosok Yamaha Scorpio
  20.  
  21. Rahasia Bahan Bakar Air
  22. Rekayasa Bos Klep
  23.  
  24. Stasioner Injeksi Langsam Kembali Normal
  25. Subtitusi Filter Oli Yamaha
  26. ,  
  27. Tips Agar Yamaha Scorpio Jadi Lebih Ganas
  28. Tips merawat dan memperindah cat motor kita
  29. Tips Merawat Velg
  30. Trik 6 Speed Honda Supra X 2002 (Jakarta)
  31.  
  32. Yamaha Scorpio Bore Up Sampai 275 cc

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"


Get paid To Promote at any Location
Watch TV on Computer
 
Template by: widodo dc © 2010