Login To Facebook
Δ Selamat Datang Di Otocomputer Δ

Jika mesin motor susah dihidupkan

Hal semacam ini biasanya sering terjadi pada saat pagi hari ketika mau memanaskan motor . umumnya ada 3 item yang bisa menyebabkan hal itu. Yakni bahan bakar, kompresi dan pengapian. Ketiga item ini adalah basic atau kunci dari motor bakar. Jika bahan bakar mengabut sempurna, kompresinya ideal dan pengapian bagus, dijamin mesin akan mudah hidup.
Paling sering terjadi pada kasus mesin susah hidup waktu kondisi dingin adalah permasalahan pada bahan bakar. Bisa dari karburator kotor atau banyak endapan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pelepasan bahan bakarnya. Sehingga mengakibatkan proses pengabutan jadi kurang sempurna. Biasanya kotoran dan endapan muncul dari bahan bakar yang kualitasnya jelek atau karena karburator jarang diservis (dibersihkan).

Penyebab lainnya bisa juga karena aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. Sehingga bensin tidak mengisi karburator dengan baik. Penyebabnya bisa dari tangki yang banyak kotoran/endapan, filter bensin kotor atau keran bensin bermasalah. “Lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu.

  Bila pada sistem bahan bakar tidak ada masalah, oba cek kompresi mesin. Dengan cara melepas busi terlebih dulu, lalu tempelkan jari ke lubang busi dan coba sela kick starter-nya. Bila tekanan dalam ruang bakar masih baik dan kuat, tandanya kompresi mesin masih bagus. Karena jika kompresinya sampai turun, jelas akan membuat mesin jadi susah hidup dan tenaga drop. Turunnya kompresi bisa disebabkan klep bocor, setelan klep tidak tepat atau paking kepala silinder bocor.



 Cek juga sistem pengapiann/busi biasanya busi kotor karena banyaknya kerak yang menempel, bersihkan kepala busi dengan amplas tipis dan bagian dalam busi dibersihkan dengan sikat kawat. Setelah itu cek kerenggangan kepala busi, jangan terlalu rapat dan jangan terlalu lebar, usahakan pas agar percikan api yang dihasilkan sempurna. Api percikan busi yang bagus berwarna biru dan terpusat.

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

2 comments:

bunga matahari mengatakan...

Thank's infonya kebetulan motor saya sering mati..hehe

admin otocomputer mengatakan...

ya mudah mudahan bermanfaat :)

Posting Komentar

Silahkan Komentar anda.Jangan spam ya...

"U Comment I Follow"


Get paid To Promote at any Location
Watch TV on Computer
 
Template by: widodo dc © 2010